Minggu, 31 Agustus 2025

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IV

 


Hari / Tanggal  :   Senin, 1 September 2025

Kelas                 :    IV

Materi               :    Penilaian Harian Asmaul Husna

Tujuan Pembelajaran  :  

Setelah mengikuti pembelajaran dan mengerjakan PH, murid diharapkan mampu:

  1. Mengetahui arti dan makna Asmaul Husna: As-Salam, Al-Malik, Al-Quddus, Al-Aziz, dan Al-Mu’min dengan benar.

  2. Memahami nilai-nilai keteladanan dari masing-masing Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.

  3. Mengidentifikasi sikap-sikap yang sesuai dengan teladan Asmaul Husna dalam pergaulan di rumah, sekolah, maupun masyarakat.

  4. Menganalisis contoh-contoh perbuatan yang sesuai dan tidak sesuai dengan sifat Allah dalam Asmaul Husna yang dipelajari.


📢 Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi anak-anak hebat kelas IV 🌟.
Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga selalu sehat, semangat, dan dalam lindungan Allah Swt.

Hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Harian (PH) Pendidikan Agama Islam. Materinya tentang Asmaul Husna: As-Salam, Al-Malik, Al-Quddus, Al-Aziz, dan Al-Mu’min. Umi yakin kalian sudah belajar dengan baik, insyaAllah kalian bisa mengerjakan soal dengan tenang dan jujur.

Ingat ya, anak-anak…

  • Kerjakan dengan teliti ✍️

  • Tidak terburu-buru ⏳

  • Berdoalah sebelum mulai 🙏

  • Dan yang paling penting, tetap percaya diri karena Allah selalu bersama kita 🤍.

Semoga Allah memberi kemudahan kepada kalian semua.
Selamat mengerjakan, semoga hasilnya memuaskan.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  • 📑 KISI-KISI PENILAIAN HARIAN (PH)

    Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
    Kelas: IV
    Materi: Asmaul Husna (As-Salam, Al-Malik, Al-Quddus, Al-Aziz, Al-Mu’min)

    No

    TP

    Indikator Soal

    Bentuk Soal

    Nomor Soal

    1

    Mengenal makna Asmaul Husna As-Salam

    Menyebutkan arti As-Salam dengan benar

    Isian

    1

    2

    Meneladani sifat As-Salam dalam kehidupan

    Menjelaskan keterkaitan As-Salam dengan menjaga kerukunan

    Essay

    1

    3

    Mengenal makna Al-Malik

    Menjelaskan arti Al-Malik

    Isian

    2

    4

    Meneladani sifat Al-Malik

    Menyebutkan contoh sikap adil/bijaksana di sekolah

    Essay

    2

    5

    Mengenal makna Al-Quddus

    Menyebutkan arti Al-Quddus

    Isian

    3

    6

    Meneladani sifat Al-Quddus

    Menjelaskan cara menjaga kesucian diri dalam kehidupan sehari-hari

    Essay

    3

    7

    Mengenal makna Al-Aziz

    Menjelaskan arti Al-Aziz

    Isian (aplikatif)

    4

    8

    Meneladani sifat Al-Aziz

    Memberikan solusi ketika teman dilemahkan/direndahkan

    Essay

    4

    9

    Mengenal makna Al-Mu’min

    Menyebutkan arti Al-Mu’min

    Isian

    5

    10

    Meneladani sifat Al-Mu’min

    Menjelaskan cara memberi rasa aman kepada teman

    Essay

    5


    📌 Keterangan:

    • Jumlah soal: 10 (5 isian + 5 essay)

    • Ranah kognitif: C1–C4 (pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis)

    • Jenis soal: HOTS diterapkan pada soal essay agar murid berpikir kritis dan aplikatif.


📊 Hasil Pembelajaran PH – Asmaul Husna

Materi: As-Salam, Al-Malik, Al-Quddus, Al-Aziz, dan Al-Mu’min

🏫 Kelas IV Ummu Kultsum

  • Jumlah murid: 24

  • Hasil PH:

    • 20 murid sudah memahami arti dan teladan Asmaul Husna dengan baik, serta mampu memberikan contoh sikap nyata dalam kehidupan sehari-hari.

    • 4 murid masih kesulitan menjelaskan makna Asmaul Husna secara mendalam, terutama dalam mengaitkan dengan contoh perbuatan sehari-hari.

Kesimpulan: Mayoritas murid telah mencapai tujuan pembelajaran, namun masih perlu penguatan pada keterampilan berpikir analitis dan aplikatif.


🏫 Kelas IV Fatimah

  • Jumlah murid: 25

  • Hasil PH:

    • 21 murid dapat menjawab soal isian dan essay dengan baik, menunjukkan pemahaman makna serta teladan Asmaul Husna.

    • 4 murid masih kurang mampu menuliskan contoh nyata penerapan Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan: Sebagian besar murid sudah memahami materi, namun perlu diberikan bimbingan lebih lanjut agar semua murid mampu mengaitkan teori dengan praktik nyata.


✨ Catatan Guru

  • Murid yang belum tuntas akan diberikan remedial berupa latihan soal berbasis cerita/ilustrasi agar lebih mudah memahami penerapan Asmaul Husna.

  • Murid yang sudah tuntas diberikan pengayaan dengan tugas membuat cerita pendek atau komik sederhana tentang penerapan Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar