Hari / Tanggal : Senin, 1 September 2025
Kelas : IV
Materi : Penilaian Harian Asmaul Husna
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran dan mengerjakan PH, murid diharapkan mampu:
-
Mengetahui arti dan makna Asmaul Husna: As-Salam, Al-Malik, Al-Quddus, Al-Aziz, dan Al-Mu’min dengan benar.
-
Memahami nilai-nilai keteladanan dari masing-masing Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.
-
Mengidentifikasi sikap-sikap yang sesuai dengan teladan Asmaul Husna dalam pergaulan di rumah, sekolah, maupun masyarakat.
-
Menganalisis contoh-contoh perbuatan yang sesuai dan tidak sesuai dengan sifat Allah dalam Asmaul Husna yang dipelajari.
📢 Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat pagi anak-anak hebat kelas IV 🌟.
Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga selalu sehat, semangat, dan dalam lindungan Allah Swt.
Hari ini kita akan melaksanakan Penilaian Harian (PH) Pendidikan Agama Islam. Materinya tentang Asmaul Husna: As-Salam, Al-Malik, Al-Quddus, Al-Aziz, dan Al-Mu’min. Umi yakin kalian sudah belajar dengan baik, insyaAllah kalian bisa mengerjakan soal dengan tenang dan jujur.
Ingat ya, anak-anak…
-
Kerjakan dengan teliti ✍️
-
Tidak terburu-buru ⏳
-
Berdoalah sebelum mulai 🙏
-
Dan yang paling penting, tetap percaya diri karena Allah selalu bersama kita 🤍.
Semoga Allah memberi kemudahan kepada kalian semua.
Selamat mengerjakan, semoga hasilnya memuaskan.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
📑 KISI-KISI PENILAIAN HARIAN (PH)
Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas: IV
Materi: Asmaul Husna (As-Salam, Al-Malik, Al-Quddus, Al-Aziz, Al-Mu’min)No
TP
Indikator Soal
Bentuk Soal
Nomor Soal
1
Mengenal makna Asmaul Husna As-Salam
Menyebutkan arti As-Salam dengan benar
Isian
1
2
Meneladani sifat As-Salam dalam kehidupan
Menjelaskan keterkaitan As-Salam dengan menjaga kerukunan
Essay
1
3
Mengenal makna Al-Malik
Menjelaskan arti Al-Malik
Isian
2
4
Meneladani sifat Al-Malik
Menyebutkan contoh sikap adil/bijaksana di sekolah
Essay
2
5
Mengenal makna Al-Quddus
Menyebutkan arti Al-Quddus
Isian
3
6
Meneladani sifat Al-Quddus
Menjelaskan cara menjaga kesucian diri dalam kehidupan sehari-hari
Essay
3
7
Mengenal makna Al-Aziz
Menjelaskan arti Al-Aziz
Isian (aplikatif)
4
8
Meneladani sifat Al-Aziz
Memberikan solusi ketika teman dilemahkan/direndahkan
Essay
4
9
Mengenal makna Al-Mu’min
Menyebutkan arti Al-Mu’min
Isian
5
10
Meneladani sifat Al-Mu’min
Menjelaskan cara memberi rasa aman kepada teman
Essay
5
📌 Keterangan:
Jumlah soal: 10 (5 isian + 5 essay)
Ranah kognitif: C1–C4 (pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis)
Jenis soal: HOTS diterapkan pada soal essay agar murid berpikir kritis dan aplikatif.
📊 Hasil Pembelajaran PH – Asmaul Husna
Materi: As-Salam, Al-Malik, Al-Quddus, Al-Aziz, dan Al-Mu’min
🏫 Kelas IV Ummu Kultsum
-
Jumlah murid: 24
-
Hasil PH:
-
20 murid sudah memahami arti dan teladan Asmaul Husna dengan baik, serta mampu memberikan contoh sikap nyata dalam kehidupan sehari-hari.
-
4 murid masih kesulitan menjelaskan makna Asmaul Husna secara mendalam, terutama dalam mengaitkan dengan contoh perbuatan sehari-hari.
-
Kesimpulan: Mayoritas murid telah mencapai tujuan pembelajaran, namun masih perlu penguatan pada keterampilan berpikir analitis dan aplikatif.
🏫 Kelas IV Fatimah
-
Jumlah murid: 25
-
Hasil PH:
-
21 murid dapat menjawab soal isian dan essay dengan baik, menunjukkan pemahaman makna serta teladan Asmaul Husna.
-
4 murid masih kurang mampu menuliskan contoh nyata penerapan Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.
-
Kesimpulan: Sebagian besar murid sudah memahami materi, namun perlu diberikan bimbingan lebih lanjut agar semua murid mampu mengaitkan teori dengan praktik nyata.
✨ Catatan Guru
-
Murid yang belum tuntas akan diberikan remedial berupa latihan soal berbasis cerita/ilustrasi agar lebih mudah memahami penerapan Asmaul Husna.
-
Murid yang sudah tuntas diberikan pengayaan dengan tugas membuat cerita pendek atau komik sederhana tentang penerapan Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar