Hari / Tanggal : Rabu / 20 Agustus 2025
Kelas : IV
🎯 Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:
Menjelaskan makna keragaman sebagai anugerah Allah SWT berdasarkan Surah Al-Hujurat ayat 13 dan hadits Nabi tentang persaudaraan.
Mengidentifikasi bentuk-bentuk keragaman (agama, suku, bahasa, budaya, dan kebiasaan) di lingkungan sekolah maupun masyarakat.
Menunjukkan sikap saling menghargai dalam keragaman melalui contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Menumbuhkan perilaku toleransi, kerja sama, dan persaudaraan tanpa membedakan latar belakang.
Membuat karya sederhana (cerita/gambar/poster) yang menggambarkan pentingnya saling menghargai dalam keragaman.
1. Dasar Al-Qur’an dan Hadits
Surah Al-Hujurat ayat 13: Allah menciptakan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku untuk saling mengenal.
Hadits Rasulullah SAW: “Tidak beriman salah seorang di antara kalian sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari-Muslim).
2. Makna Keragaman
Keragaman adalah perbedaan yang ada dalam kehidupan, meliputi suku, agama, bahasa, adat istiadat, dan budaya.
Keragaman merupakan nikmat Allah SWT yang harus disyukuri.
3. Bentuk-Bentuk Keragaman
Agama: Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan lain-lain.
Suku dan Bahasa: Jawa, Sunda, Minang, Lampung, Bali, dll.
Kebiasaan dan Budaya: pakaian adat, makanan khas, tarian daerah.
4. Sikap dalam Keragaman
Menghargai perbedaan pendapat.
Tidak mengejek perbedaan fisik atau bahasa teman.
Membantu teman tanpa membedakan latar belakang.
Menghormati teman yang berbeda agama dan budaya.
5. Teladan Nabi Muhammad SAW
Rasulullah SAW selalu berlaku adil terhadap semua orang.
Rasulullah menghormati tetangga walau berbeda keyakinan.
Rasulullah mengajarkan ukhuwah (persaudaraan) untuk menjaga persatuan umat.
6. Contoh Sikap Saling Menghargai
Berteman tanpa pilih-pilih.
Bermusyawarah dalam kelompok.
Menjaga sopan santun dalam berbicara.
Memberi kesempatan teman untuk berpendapat.
7. Kegiatan Belajar (Penguatan Karakter)
Diskusi kelompok tentang pengalaman menghargai perbedaan.
Bermain peran (role play) tentang toleransi di sekolah.
Membuat poster dengan tema “Indahnya Saling Menghargai dalam Keragaman”.
Hasil Belajar Murid:
Di kelas IV Ummu Kultsum (25 murid), sebanyak 23 murid sudah memahami dengan baik materi dan mampu memberikan contoh nyata sikap menghargai keragaman, sedangkan 2 murid masih perlu bimbingan lebih lanjut.



Tidak ada komentar:
Posting Komentar