Hari/Tanggal : Rabu / 6 Agustus 2025
Kelas : IV
Materi : Praktek Gerakan dan Bacaan Sholat
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
Menjelaskan secara lisan dan tertulis bacaan-bacaan dalam sholat fardhu dengan lafal yang benar.
Mempraktikkan gerakan sholat dengan runtut, sesuai dengan tata cara yang diajarkan Rasulullah SAW.
Melafalkan bacaan sholat pada setiap gerakan secara tepat dan sesuai makhraj huruf hijaiyah.
Menunjukkan sikap disiplin, khusyuk, dan bertanggung jawab saat melaksanakan praktek sholat.
Membedakan gerakan dan bacaan pada setiap rukun sholat fardhu secara benar.
Menyadari pentingnya sholat sebagai kewajiban utama umat Islam dalam kehidupan sehari-hari.
MATERI AJAR
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, anak-anak hebat kelas IV!
Apa kabar hari ini? Semoga semuanya dalam keadaan sehat, semangat, dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Alhamdulillah, hari ini kita akan melanjutkan pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan kegiatan yang sangat penting dan bermanfaat, yaitu praktek bacaan dan gerakan sholat.
Sholat adalah tiang agama, lho! Oleh karena itu, kita harus belajar melaksanakannya dengan benar, baik dari segi gerakan maupun bacaannya. Hari ini, kita akan mempraktikkan sholat secara lengkap, mulai dari takbiratul ihram hingga salam.
Yuk, siapkan diri kalian dengan serius namun tetap semangat dan gembira. Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan diri, konsentrasi saat melafalkan bacaan, dan kesungguhan dalam setiap gerakan sholat.
Ingat, belajar sholat bukan hanya untuk dihafal, tapi untuk diamalkan setiap hari sebagai bentuk ibadah kita kepada Allah SWT.
Siap semuanya? Mari kita mulai kegiatan kita hari ini dengan membaca basmalah bersama.
Bismillahirrahmanirrahim…
🔷 Kelas IV Zainab
Pada pembelajaran praktik gerakan dan bacaan sholat, siswa kelas IV Zainab menunjukkan antusiasme dan kesungguhan dalam mengikuti kegiatan. Dari total 24 murid, sebanyak 22 murid telah mampu mempraktikkan gerakan sholat dengan runtut dan membaca bacaan sholat dengan baik dan benar. Mereka memahami urutan gerakan, mulai dari takbiratul ihram hingga salam, serta dapat melafalkan bacaan-bacaan sholat seperti niat, takbir, al-Fatihah, ruku’, i’tidal, sujud, dan tasyahhud.
Namun, terdapat 2 murid yang masih memerlukan bimbingan khusus, terutama dalam pelafalan bacaan dan ketepatan gerakan. Kesulitan yang dialami umumnya terletak pada penghafalan bacaan dan koordinasi gerakan dengan bacaan. Guru akan memberikan perhatian lebih melalui pendampingan dalam kelompok kecil.
🔷 Kelas IV Ummu Kultsum
Sama halnya dengan kelas IV Ummu Kultsum, murid kelas IV Ummu Kultsum juga telah mengikuti praktik gerakan dan bacaan sholat dengan baik. Dari total 25 murid, sebanyak 21 murd telah menunjukkan penguasaan yang cukup baik, baik dalam hal gerakan maupun bacaan. Siswa mampu melaksanakan sholat sesuai tuntunan, dengan pelafalan bacaan yang cukup jelas dan sesuai kaidah.
Sementara itu, terdapat 4 murid yang belum mencapai ketuntasan. Mereka masih memerlukan latihan lebih lanjut, khususnya dalam menghafal bacaan dan menjaga kekhusyukan serta ketepatan gerakan dalam sholat.




Tidak ada komentar:
Posting Komentar