-
Menjelaskan makna saling menghormati dan menghargai orang yang berbeda agama dengan benar.
-
Mengidentifikasi contoh sikap yang mencerminkan saling menghormati dan menghargai orang yang berbeda agama di lingkungan sekolah, rumah, dan masyarakat.
“Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh"
Selamat pagi anak-anak hebat kelas. Apa kabar hari ini? Semoga kalian selalu sehat, semangat, dan siap belajar ya.
Hari ini kita akan belajar tentang hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, yaitu saling menghormati dan menghargai orang yang berbeda agama. Kira-kira, siapa di antara kalian yang punya teman berbeda agama? Bagaimana sikap kita kepada mereka? Yuk, kita bahas dan praktikkan bersama supaya kita bisa menjadi anak yang rukun, santun, dan penuh toleransi.”
Kisi-Kisi Sumatif Harian
No | Capaian Pembelajaran (CP) | Indikator Soal | Level Kognitif | Bentuk Soal |
---|---|---|---|---|
1 | Murid memahami makna toleransi dalam beragama. | Menuliskan arti toleransi menurut Islam. | C1 (Mengingat) | Isian |
2 | Murid mengetahui contoh sikap menghormati perbedaan agama. | Menyebutkan satu contoh sikap menghargai teman berbeda agama di sekolah. | C1 | Isian |
3 | Murid dapat menjelaskan batasan toleransi. | Menuliskan alasan mengapa kita tidak boleh ikut ibadah agama lain. | C2 (Memahami) | Isian |
4 | Murid mampu menyebutkan dalil tentang keragaman. | Menyebutkan nama surah Al-Qur’an yang menjelaskan tentang perbedaan manusia. | C1 | Isian |
5 | Peserta didik mampu menerapkan sikap saling menghormati. | Menuliskan sikap yang tepat ketika tetangga berbeda agama sedang beribadah. | C3 (Menerapkan) | Isian |
6 | Murid menganalisis manfaat toleransi. | Menuliskan dua manfaat sikap saling menghargai dalam pergaulan sehari-hari. | C4 (Menganalisis) | Isian |
7 | Murid membedakan sikap yang benar dan salah. | Menuliskan contoh sikap salah dalam pergaulan antaragama. | C3–C4 | Isian |
8 | Murid menunjukkan akhlak terpuji. | Menuliskan nilai akhlak yang terkandung dalam sikap toleransi. | C5 (Mengevaluasi) | Isian |
9 | Murid memahami pentingnya menjaga kerukunan. | Menuliskan akibat yang terjadi jika masyarakat tidak saling menghormati. | C2 (Memahami) | Isian |
10 | Murid menyimpulkan pentingnya saling menghargai. | Menuliskan pesan utama dari sikap menghormati perbedaan agama. | C5 (Mengevaluasi) | Isian |
Hasil Pembelajaran
Kelas Fatimah (25 Murid)
Hasil sumatif harian menunjukkan bahwa sebagian besar murid sudah mampu memahami makna toleransi dengan baik. Murid dapat menyebutkan contoh sikap saling menghormati di sekolah, seperti memberi kesempatan teman beribadah sesuai agamanya. Namun, masih ada beberapa murid yang perlu bimbingan dalam membedakan antara menghormati dan ikut serta dalam ibadah agama lain.
👉 Secara umum, kelas Fatimah memiliki pemahaman yang baik dan sikap positif terhadap perbedaan agama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar