Kamis, 31 Juli 2025

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IV

 




Hari/Tanggal  : Jum'at/ 1 Agustus 2025

Kelas               :  IV

Materi             : Ayo Belajar Melafalkan Niat Sholat Fardhu


💡 Tujuan Pembelajaran (TP):

Setelah mengikuti pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan pentingnya niat dalam salat fardhu sebagai syarat sah salat.

  2. Mengenal dan menyebutkan lafaz niat salat fardhu lima waktu (Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya).

  3. Melafalkan niat salat fardhu dengan lafal Arab yang benar dan tertib.

  4. Mempraktikkan pelafalan niat salat fardhu sesuai dengan jumlah rakaat dan waktu salatnya.

  5. Menunjukkan sikap disiplin dan kesungguhan dalam belajar niat salat sebagai bagian dari kewajiban seorang muslim.



MATERI AJAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi anak-anak shalih dan shalihah!
Hari ini kita akan masuk ke pelajaran yang sangat penting dan sering kita lakukan setiap hari, yaitu niat salat fardhu atau salat wajib. Wah, siapa di sini yang tadi pagi salat Subuh? 🤲

Nah, salat itu dimulai dengan niat. Tapi, apa kalian sudah yakin niatnya benar? Hari ini kita akan latihan melafalkan niat salat dengan suara yang pelan tapi jelas, sambil mengenal niat untuk masing-masing salat fardhu: Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

Sekarang coba perhatikan gambar di depan ya (tunjukkan media/gambar orang sedang takbiratul ihram). Ini adalah posisi saat kita mulai salat. Di saat inilah kita membaca niat dalam hati. Tapi, hari ini kita belajar membacanya dengan lisan dulu agar hafal dan tahu lafaz yang tepat.

Siap belajar bersama Umi Rahma....?
Sebelum kita mulai, yuk kita buka pembelajaran ini dengan membaca:

Bismillahirrahmanirrahim.

Semoga Allah memudahkan kita, dan menjadikan kita anak-anak yang rajin salat tepat waktu. Aamiin ya Rabbal ‘alamin.



















Setelah proses pembelajaran tentang bacaan niat sholat fardhu (Subuh, Zuhur, Asar, Maghrib, dan Isya), didapatkan hasil sebagai berikut:

  • Jumlah murid yang tuntas (mampu membaca niat sholat dengan lancar dan tepat): 24 murid

  • Jumlah murid yang belum tuntas (masih terbata-bata atau salah dalam pengucapan): 2 murid

Analisis:
Sebagian besar murid sudah memahami dan mampu melafalkan niat sholat dengan benar. Namun, terdapat beberapa murid yang masih memerlukan bimbingan lebih lanjut, terutama dalam melafalkan bacaan Arab secara tartil dan fasih.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar