Hari/Tanggal : Selasa / 7 Januari 2025
BAB 6 : Membaca QS. At-Tin
Capaian Pembelajaran :
Peserta didik mampu membaca Surah-Surah pendek atau ayat al-Qur'an dan
menjelaskan pesan pokoknya dengan baik.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu membaca QS. At-Tin dengan Tartil.
MATERI AJAR
Assalamu'alaikum....
Pa kabar anak-anak sholih dan sholihah yang hebat...
Semoga aktivitas hari ini kita tetap semangat yaaa...
Menyambut memasuki semester genap...
Yuuk kita persiapkan diri kita untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Baik, anak-anak hebat....
Pertemuan kita hari ini akan membahas tentang QS. At-Tin...
Simak baik-baik ya dan perhatikan materi di bawah ini...
Sekarang, ayo belajar surah at-Tīn!
A. Membaca Q.S. At-Tīn
Bacalah surah at-Tīn berikut dengan benar!
Mulailah dengan membaca taawuz dan basmalah. Perhatikan warnanya.
Hijau berarti dibaca memantul (qalqalah). Tentu kalian ingat, bukan, hukum
bacaan qalqalah di kelas 3? Biru berarti dibaca dengan samar dan mendengung.
Kuning berarti dibaca jelas.
Anak-Anak, Allah memerintahkan membaca Al-Qur’an dengan tartil.
Tartil berarti membaca dengan memperhatikan hukum bacaan tajwid dengan benar.
Bagaimana membaca Al-Qur’an dengan tartil?
Perhatikan contoh potongan ayat surah at-Tīn pada tabel berikut!
Pesan Pembelajaran hari ini...
Anak-Anak, biasakan belajar mengaji setiap hari. Allah Swt. memberikan
penghargaan kepada orang yang belajar Al-Qur’an, walaupun membacanya
masih terbata-bata. Rasulullah saw. bersabda :
Artinya:
taat dan orang yang terbata-bata membaca Al-Qur’an dan bersusah payah
(mempelajarinya) maka baginya dua pahala.” (H.R. Muslim dari Aisyah r.a.)
Dalam Tingkat Penguasaan
Sebagian besar siswa telah mampu membaca QS. At-Tin dengan baik dan lancar. Mereka memahami kaidah tajwid sederhana seperti mad, idgham, dan ghunnah. Namun, masih ada beberapa siswa yang memerlukan pendampingan lebih lanjut.
Pencapaian Target Pembelajaran di kelas IV B ;
Dari 27 siswa, sekitar 89% (24 siswa) telah mencapai target pembelajaran dengan kriteria baik atau sangat baik, sedangkan 11% (3 siswa) membutuhkan latihan lebih intensif untuk memperbaiki lafal dan kelancaran membaca.
Kendala yang Ditemui ;
Beberapa siswa menghadapi kesulitan dalam
-Penerapan hukum tajwid secara konsisten.
-Kelancaran membaca tanpa tersendat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar