Rabu, 05 November 2025

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IV




Hari/Tanggal    :  Kamis /  6 November  2025

Materi                :  Kisah Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah

Sub Materi        :  Sebab-Sebab Hijrahnya Nabi Muhammad SAW

Tujuan Pembelajaran :

Setelah mempelajari materi Kisah Hijrah Nabi Muhammad SAW diharapkan peserta didik mampu :

1. Menjelaskan sebab-sebab Nabi Muhammad SAW Hijrah ke Madinah

2. Mengidentifikasi contoh sikap yang dapat diteladani dari peristiwa hijrah.

 

🌙 BAB 5: HIJRAH NABI MUHAMMAD SAW KE MADINAH

🕌 Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, anak-anak shalih dan shalihah!

Bagaimana kabar kalian hari ini?
Semoga semuanya sehat, semangat, dan selalu dalam lindungan Allah SWT.
Hari ini kita akan belajar kisah yang sangat penting dalam sejarah Islam, yaitu Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah.
Yuk, kita simak bersama dengan hati yang penuh semangat! 💪✨


🌟 A. Pengertian Hijrah

Anak-anak, tahukah kalian apa arti hijrah?
Hijrah artinya berpindah tempat dari satu daerah ke daerah lain untuk mencari tempat yang aman dan nyaman agar bisa beribadah kepada Allah SWT.

Dalam sejarah Islam, Nabi Muhammad SAW berhijrah dari Mekkah ke Madinah agar bisa menyebarkan Islam dengan bebas dan damai.


🌿 B. Latar Belakang Hijrah 🐪

Mengapa Nabi Muhammad SAW dan para sahabat harus hijrah?
Berikut alasannya:

1.     Kaum Quraisy menolak dakwah Nabi dan menyiksa para pengikut beliau.

2.     Umat Islam tidak bebas beribadah di Mekkah.

3.     Penduduk Madinah (saat itu bernama Yatsrib) sudah mengenal ajaran Islam dan siap membantu Nabi.

4.     Allah SWT memerintahkan Nabi untuk hijrah demi keselamatan dan kelanjutan dakwah.


Hijrah adalah perpindahan Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah. Hijrah terjadi karena:

1.     Umat Islam disiksa oleh kaum Quraisy, sehingga dakwah menjadi semakin sulit.

2.     Ada rencana pembunuhan terhadap Nabi, sehingga keselamatannya terancam.

3.     Dakwah tidak bisa berkembang di Makkah karena masyarakat Quraisy menolak ajaran Islam.

4.     Perintah Allah SWT agar Nabi dan para sahabat pindah ke tempat yang lebih aman.

5.     Penduduk Madinah menyambut Nabi dengan baik, dan siap melindungi serta membantu umat Islam.

Hikmah dari Hijrah

  • Untuk mencapai kebaikan, kadang kita harus berusaha lebih keras.
  • Allah selalu memberikan jalan keluar bagi hamba-Nya yang bersabar.
  • Persaudaraan, tolong-menolong, dan solidaritas adalah kunci kekuatan umat.


Kegiatan / Tugas Peserta Didik

Pilih jawaban yang paling tepat!

1.     Salah satu sebab Nabi Muhammad SAW hijrah adalah…
a. Kaum Quraisy mendukung dakwah Nabi
b. Umat Islam bebas beribadah
c. Umat Islam disiksa dan ditekan
d. Makkah sangat aman
Jawaban: ………

2.     Penduduk Madinah menyambut Nabi karena…
a. Mereka ingin berdagang
b. Mereka siap melindungi Nabi dan umat Islam
c. Mereka ingin pindah ke Makkah
d. Mereka tidak suka Quraisy
Jawaban: ………


2Isilah dengan jawaban yang benar!

1.     Hijrah adalah perpindahan Nabi dari Makkah ke _________.

2.     Salah satu sebab hijrah yaitu adanya rencana __________ terhadap Nabi.

3.     Penduduk Madinah dari suku ________ dan ________ berjanji akan melindungi Nabi.


3. Tugas Refleksi

Jawablah dengan pendapatmu sendiri!

1.      Menurutmu, apa hikmah yang dapat diambil dari peristiwa hijrah?
Jawaban: ........................................................................................

2.      Sebutkan satu sikap yang bisa kamu teladani dari peristiwa hijrah!
Jawaban: ........................................................................................

Alhamdulillah Hasil Pembelajaran Hari ini

Kelas Zainab menunjukkan pencapaian yang sangat baik. Peserta didik dapat memahami materi secara menyeluruh, mulai dari penyebab hijrah hingga hikmahnya. peserta didik mampu mengerjakan LKPD dengan mandiri dan menunjukkan kemampuan refleksi yang cukup kuat. Tingkat partisipasi sangat tinggi dan hampir semua siswa dapat menjawab pertanyaan guru dengan percaya diri.


Secara keseluruhan, dari total 72 peserta didik, mayoritas telah memahami materi Sebab-Sebab Hijrah Nabi Muhammad SAW dengan baik. Antusiasme belajar tampak merata di ketiga kelas. Hanya sebagian kecil peserta didik yang memerlukan pendampingan tambahan, khususnya dalam mengaitkan materi dengan penerapan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran berlangsung efektif dan tujuan pembelajaran tercapai dengan baik pada semua kelas.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar